Tuesday, 9 August 2016

00:28:00
2
Wisata Sumatera Selatan - Jika Anda berada di Sumatera Selatan jangan lupa singgah di salah satu Kota yang sangat eksotis yaitu Kota Pagar Alam. Gak lengkap rasanya jika ke Sumatera Selatan jika tidak ke kota yang satu ini. Daerah pegunungan ini mempunyai pesona curup atau air terjun dan pemandangan yang begitu luar biasa. Kota Pagaralam merupakan potret keindahan alam Indonesia yang patut kita syukuri. 
Kota Pagar Alam, jika Anda dari Palembang maka Anda membutuhkan waktu tempuh 6 jam 32 mnt (279,5 km) lewat Jl. Prabumulih - Muara Enim. Pagar alam mampu memberikan suasana yang begitu menenangkan bagi para wisatawan. Di tempat ini anda akan terpesona dengan keindahan alam, budaya dan pesona kearifan lokal yang luar biasa. 

Berikut sebelas objek wisata yang wajib dikunjungi di Kota Pagaralam Sumatera Selatan. 

1. Danau Merah Rimba Candi


a photo by instagram @gesangwaddud
Danau ini meupakan salah satu danau yang lagi hits banget sebagai objek wisata baru di Pagaralam. Lokasinya berada di perbatasan antara Pagar Alam dan Bengkulu di Kabupaten Kaur, tepatnya di wilayah perbukitan Raje Mandare. Untuk akses ke lokasi danau ini terbilang cukup sulit, bayangkan nih untuk mencapai lokasi ini butuh waktu perjalanan seharian penuh. Penjelajahan anda mulai dari Desa Rimba Candi, Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Selatan. Dengan rute yang tak terlalu menantang, Anda akan sampai di Bukit Raje Mandare. Di kawasan inilah Anda dapat menyaksikan danau indah seluas enam hektare ini. Yang gokil banget dari tempat ini adalah warna air danaunya yang merah menyala bak darah. Wajar deh, kalau air terjun ini menyedot banyak wisatawan dan peneliti. Jarak jauh bukan masalah, asal bisa menikmati pemandangan yang begitu indah seperti dau merah rimba candi ini.

2. Air Terjun Curup Embun

a photo by @adhitmozaik on instagram
Lokasinya hanya 2 kilometer dari pusat kota Pagar Alam. Tantangan jika Anda ke sini adalah melewati anak tangga yang berjejer rapi. Suasana sejuk dan pemandangan yang indah membuat Anda sangat menikmati perjalanan menuju lokasi air terjun ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan tiga aliran air yang mengalir dari atas tebing. Airnya mengalir langsung dari gunung. Gak kebayang deh, gimana indah dan gokilnya air rerjun ini. Tempat ini layak menjadi salah sati tempat Anda berfoto mengabadikan momen di tempat terindah yang Tuhan ciptakan di Bumi Indonesia.

3. Gunung Dempo


a photo by instagram @palembangup
Dari kampung empat kaki gunung Dempo Anda dapat menikmati indahnya sunrise brpadu dengan indahnya pemandangan Kota Pagaralam. Setelah puas menikmati pemandangan dan sunrise, Anda dapt melakukan pendakian ke Puncak Gunung Dempo.  Dalam perjalanan Anda akan melewati perkebunan teh dan kopi yang memiliki view yang begitu indah.Gunung yang terletak di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu ini memiliki ketinggian 3159 mdp. Terdapat dua jalur untuk mendaki gunung Dempo yaitu Jalur Kampung IV(1575 Mdpl) dan Jalur Tugu Rimau(1820 Mdpl). Membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan untuk mencapai ke puncak gunung ini. Di puncak gunung Dempo sulit digambarkan bagaimana pemandangan yang menggetarkan hati ini terhampar begitu indah. Ini adalah salah satu gunung yang wajib Anda daki, jika Anda adalah seorang pencinta alam sejati.

4. Kebun Teh Lereng Dempo


sumber : www.hellopalembang.com
Ini dia salah satu kebun teh terluas di Sumatera namanya Kebun Teh Lereng Dempo. Kebun teh yang terhampar seluas 1.328 hektare ini menawarkan pemandangan hijau yang mebuat mata tak ingin berkedip sekalipun. Di kebun teh ini Anda pun bisa bermalam karena banyak penginapan dengan beragam fasilitas tersedia. Yang paling menarik tentunya adalah Anda dapat menginap di sebuah villa dan hotel yang berada di tengah perkebunan teh lereng gunung Dempo. Benar-benar sebuah pengalaman wisata yang amat luar biasa.

5. Batu Gong


sumber : www.kwikku.com
Batu Gong merupakan kampung Megalit di Desa Talang Batu Gong. Benda-benda peninggalan sejarah ini tersebar di kebun-kebun warga setempat. Banyak warga setempat yang tidak tahu bahwa batu-batu tersebut adalah benda-benda yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sepertinya pemerintah Pagaralam perlu mengedukasi warganya terkait hal tersebut agar benda-benda bersejarah ini tetap terjaga. 

6. Air Terjun Lematang Indah


a photo by instagram @rikasharsa
Satu lagi curup yang gak kalah fenomenal dibanding air terjun lainnya yang ada di Pagar Alam. Air terjun ini super gokil dengan panorama sekeliling yang begitu indah. Lokasi Air Terjun Lematang Indah terletak di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam. Untuk masuk ke lokasi air terjun ini Anda akan dikenakan biaya yang sangat murah yaitu sekitar Rp4.000,- rupiah perorang. Lokasinya yang hanya berjarak 15 kilometer dari Kota Pagaralam membuat air terjun ini menjadi salah satu objek wisata favorit bagi warga. Apalagi akses menuju air terjun ini terbilang cukup mudah yaitu berada di pinggir jalan raya. Selain, menikmati air terjun Anda juga dapat menikmati arung jeram di kawasan ini.

7. Air Terjun Curup Mangkok


a photo by instagram @dbonetashm
Air terjun ini berlokasi di Dusun Pematangbango, Desa Cughub Jare, Kecamatan Pagaralam Utara. Air terjun ini sangat dekat dengan pusat kota Pagaralam yaitu berjarak sekitar 2 kilometer dari kebun teh lereng gunung Dempo.  Air terjun yang sngat indah ini mengalir deras di antara bebatuan besar yang ada di kaki gunung Dempo. Pemandangan di sekitar air terjun ini sangat eksotis. Bayangkan pepohonan hijau ditambah nyanyian burung-burung seakan menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berlama-lama di air terjun curup Mangkok. Dengan mengeluarkan kocek sekitar Rp5.000,- Anda dapat menikmati sejuknya air dan indahnya pemandangan di tempat ini.

8. Air Terjun Curup Tujuh Kenangan


sumber : www.ngadem.com
Satu lagi potensi air terjun di Kota Dingin ini yaitu air terjun Tujuh Kenangan. Air terjun ini lokasinya sangat dekat dengan air terjun curup mangkok. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus berjalan kaki sepanjang 500 meter melewati perkebunan kopi masyarakat dengan rute bebatuan yang mendaki dan menurun. Air terjun ini sama indahnya dengan air terjun lainnya di Pagaralam. Bedanya adalah keberadaan kolam dan perosotan dari batuan alam yang selalu dialiri air. Hal menarik lainnya adalah di sekitar kolam tersebut banyak ditemukan kupu-kupu berwarna kuning yang beterbangan. Untuk itu eksplorlah keindahan air terjun ini dan jangan lupa abadikan momen di tempat ini. 

9. Arca Manusia Purba (Megalithikum)


a photo by (@Risma_1712) on www.yoying.com

Arca ini terletak di Dusun Tanjung Aro, Keluruhan Kuripan Babas, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam. Arca ini berbentuk manusia yang dibelit ular.  Arca ini terletak di tengah persawahan warga.


10. Danau Tebat Gheban
sumber : www.online-instagram.com by @ghozi_alhuda)
Tak hanya air terjun, Kota Pagaralam ternyata juga memiliki objek wisata indah lainnya yaitu sebuah danau yang bernama Danau Tebat Gheb;an. Danau yang berjarak kurang lebih dari kota Pagaralam ini memiliki luas sekitar 3 hektare dengan kedalaman sekitar 12 meter. Danau ini dikelilingi pohon cemara yang membuat view di danau ini sangat indah. Dan yang paling gokil di tempat ini adalah aktivitas memancing ikan mujair. Yak, setiap hari tempat ini ramai dikunjungi pemancing yang berjejer memperebutkan ikan mujair di danau ini.  Apalgi sore hari suasana di danau ini terasa begitu romantis.

11. Rimba Candi
sumber : www.skyscrapercity.com
Ini dia komplek percandian terbesar di Pagaralam yaitu Rimba Candi. Lokasinya berada di Dusun Rimba Candi Kota Pagar Alam. Candi ini sering dikait-kaitkan sebagai situs peninggalan kerajaan terbesar yaitu Sriwijaya. 
Itu dia sebelas tempat terbaik yang ada di Pagaralam. Kalau ingin menjelajah semua tempat, dijamin bakalan tidak sanggup. Karena alam Pagaralam begitu indah dengan begitu banyak air terjun yang sangat indah. Jangan lupa jika Anda ke Pagaralam abadikan momen indah Anda di kota yang amat sejuk ini dan bagikan di akun sosial media Anda agar semua orang tahu betapa indahnya bumi pagaralam ini. Baca juga Pesona Indah Objek Wisata Bukit Gagoan Paninggahan Solok Sumatera Barat


2 komentar: