Tuesday, 18 October 2016

23:09:00
10
Tempat Wisata di Pekanbaru - Pekanbaru merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Pulau Sumatera yang merupakan ibukota propinsi Riau. 

Kota ini merupakan salah satu kota dengan perekonomian yang tumbuh pesat. Pesona Pekanbaru akan membuat siapa saja akan terkesan mengunjungi kota yang memiliki multi etnik, agama dan budaya ini.

Kali ini Bang Mamad akan mengajak Anda untuk menikmati pesona Indah tempat-tempat wisata yang ada di Kota Pekanbaru dan Sekitarnya. Apa saja tempat-tempat tersebut berikut ulasannya.

1. Panorama Indah Sungai Siak di Kampung Bandar Pekanbaru


a photo by keRiau.id via Facebook
Sungai Siak merupakan icon wisata kota Pekanbaru yang memiliki panorama indah yang cocok dijadikan tempat bersantai menikmati senja. 

Sungai terdalam di Indonesia ini merupakan sentra pariwisata yang menarik dengan latar belakang jembatan Siak III. 

Pembangunan kawasan Water Front City di Kampung Bandar di Kecamatan Senapelan akan membuat senja di lokasi ini begitu nyaman dan romantis. Aktivitas lalu lalang di Sungai Siak dan pemandangan serta fasilitas tempat makan yang beragam akan membuat tempat ini layak menjadi pilihan Anda untuk menikmati keindahan Pekanbaru.

Berjarak 10 kilometer dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II tempat ini merupakan salah satu jantung kota dengan segala fasilitas yang Anda dan pusat dari festival-festival yang sering diadakan pemerintah propinsi Riau ataupun Kota Pekanbaru.

2. Balai Adat Melayu Riau di Pekanbaru


sumber : wikimapia.org
Ingin berkunjung ke objek wisata budaya yang menarik dan indah, tempat ini bisa Anda kunjungi. Balai Adat Melayu Riau memilki arsitektur yang sangat unik dengan beraneka ragam ukiran, warna dan motif tenunan khas masyarakat Melayu Riau.

Simbol kebesaran Melayu Riau ini di Jalan Pangeran Diponegoro No. 39, Kota Pekanbaru, memiliki arsitekur yang indah dengan suasana yang sejuk dan asri. Untuk masuk ke tempat wisata menarik ini Anda cukup membayar Rp3.000,- per orang.

3. Riau Fantasi 


sumber : http://promowaterpark.blogspot.co.id/
Taman rekreasi ini merupakan salah satu theme park dan water park terbesar di Sumatera. Bernama Labersa water park dan theme park, objek wisata ini dibangun di atas lahan seluas 6,5 hektare dengan wahana permainan yang beragam.

Berada di kawasan Labesa Grand Park tempat ini menjadi salah bagian dari kawasan wisata terpadu dengan berbagai fasilitas hotel berbintang, serta sebuah lapangan golf dengan luas total kawasan mencapai 300 hektar.

Labersa Theme Park & Water Park atau Riau Fantasi terletak  di Jalan Labersa – Parit Indah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Dari Kota Pekanbaru Anda harus melewati Jl. Mekar Sari dan Jl. Labersa sejauh 11 kilometer menuju objek wisata ini.

Adapun tiket masuk ke objek wisata ini adalah sebagai berikut

Hari Biasa
-Water Park                                             Rp60.000,-
-Theme Park                                           Rp60.000,-
-Waterk Park dan Theme Park               Rp100.000,-
-Sewa Loker                                           Rp20.000,-
-Sewa ban pelampung untuk 1 orang     Rp15.000,-
-Sewa ban pelampung untuk 2 orang     Rp25.000,-

Weekend
-Water Park                                             Rp70.000,-
-Theme Park                                           Rp70.000,-
-Waterk Park dan Theme Park               Rp100.000,-
-Sewa Loker                                           Rp20.000,-
-Sewa ban pelampung untuk 1 orang     Rp15.000,-
-Sewa ban pelampung untuk 2 orang     Rp25.000,-

Beragam wahana permainan air di tempat ini yang dapat Anda nikmati seperti lima kolam besar Adult Pool, Adventure Pool, Lazy River Pool, Baby Pool, serta Crocodile River Pool.

Selain wahana tersebut, banyak wahana lain yang akan membuat liburan Anda dan keluarga di tempat rekreasi ini menjadi menarik dan menyenangkan.

4. Perpustakaan Soeman HS 


a photo by @erinrizal via instagram
Nah, bagi Anda yang gemar membaca, Perpustakaan Hoeman HS adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu perpustakaan yang memiliki arsitektur yang menarik dan unik.

Bangunan yang berbentuk rehal ini terletak di Jl. Cut Nyak Dien, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Buka mulai pukul 08.00-16.00 wib. Perpustakaan ini memiliki berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung terpukau. 

Selain dapat menikmati ribuan koleksi buku di tempat ini Anda juga dapat menikmati fasilitas seperti auditorium, bilik budaya, melayu, atrium, ruang pertemuan, ruang internet, Musholla, CafĂ© dan kantin, serta Energy Corner (Chevron Library).

Hal lain yang tak boleh terlewatkan berfoto dengan latar bangunan yang unik ini.

5. Kebun Binatang Sang Kulim


sumber :bayuwinata.wordpress.com
Jika Anda dan keluarga ingin mengedukasi diri Anda dengan mengenal berbagai satwa khas Indonesia, kebun binatang yang terletak Jalan Kubang Raya, Kubang Raya, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. 

Dari pekan baru ada dua alternatif jalan untuk mencapaii lokasi ini. Salah satunya melalui lewat Jl. Soekarno - Hatta dan Jl. Kubang Raya dengan jarak sekitar 18 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Ratusan koleksi binatan kebun Sang Kulim akan membuat Anda bahagia menikmati liburan di tempat ini. Untuk masuk ke tempat ini Rp18.000,- untuk dewasa dan Rp10.000,- untuk anak-anak. 

6. Danau Buatan Lembah Sari



sumber : http://jelajahiya.blogspot.co.id/
Danau yang terletak di Kecamatan Rumbai berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru. Dengan pemandangan dan panorama yang indah dikelilingi pepohonan hijau dan bebukitan. Danau ini menjadi terasa begitu indah dan romantis di kala senja.

7. Taman Rekreasi Alam Mayang


sumber : wisatamu.com
Tempat ini merupakan tempat wisata favorit yang ada di Pekanbaru. Taman Rekreasi Mayang merupakan taman rekreasi dengan konsep alam terbuka yang sejuk dan asri. 

Beragam wahana permainan dapat Anda nikmati di Taman Rekreasi Alam Mayang diantaranya Karper Ajaib, Banana Boat, Bogel, Sepeda Air, Safary Train, Playing Fox, Rumah Hantu, Camper Boat, Becak, Kereta Naga, Mandi Bola, Balon Loncat, ada juga Studio 3D, Shooting Target, Tembak Reaksi, Mombom Car, atraksi-atraksi badut, Topeng Monyet, instalasi seni dari berbagai komunitas.

Taman Rekresi Alam Mayang terletak di Jl. Imam Munandar (harapan raya) KM. 8 Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Buka mulai pukul 08.00 sd 18.00 wib dengan tiket masuk seharga Rp7.000,-/anak dan Rp13.000,-/orang dewasa ditambah jika Anda menggunakan motor dengan biaya parkir Rp3.000,- dan mobil dengan biaya Rp5.000,-.

Setelah masuk ke lokasi Anda akan dikenai biaya jika ingin menikmati wahana-wahana yang tersedia. Dengan membayar mulai Rp10.000 sd Rp30.000,- Anda dapat menikmati berbaga wahana yang Anda inginkan. 

Di taman rekreasi ini juga tersedia tempat makan dengan menu yang enak-enak dan pusat souvenir sebagai cinderamata yang bisa Anda bawa pulang.

8. Ombak Bono di Palalawan
a photo by @bono_ombakhantu via instagram
Bono adalah gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Indonesia. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. (Sumber : www.wikipedia.org)

Itu penjelasan dari wikipedia tentang objek wisata yang sangat populer di Riau ini. Sungai kampar merupakan salah satu sungai yang terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia karena keunikan ombak bono.

a photo by @bono_ombakhantu via instagram
Untuk menuju ke ombak Bono Anda harus menuju dermaga di desa teluk Meranti yang berjarak sekitar 70 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah. Dari dermaga Teluk Meranti Anda harus naik  boat sekitar 30 menit. 

Untuk kalian penikmat surfing rasanya wajib ke tempat yang memiliki ombak terbesar kedua di dunia setelah Brazil ini. Konon ombak besar. Waktu ombaknya datang memang tak pasti, ada yang mengatakan  ombak datang secara bergantian selama 3 bulan yaitu 3 bulan pada siang hari dan 3 bulan pada malam hari.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama menanti kedatangan ombak diantaranya menikmati  pantai perasaan yang berada di tengah sungai kampar. Pantai dengan nama yang unik dan tempat yang unik ini dapat Anda temui jika Anda temui.

Anda akan jatuh cinta dengan tempat indah ini. Setalah puas menikmati indahnya pantai perasaan yang dinantikan juga datang. Ombak nan indah bergelombang tujuh lapis ini membuat siapapun tak sabar untuk surfing di tengah ombak tersebut. Benar-benar menakjubkan.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, waktu terbaik untuk Anda adalah bulan november dan Desember karena pada waktu itu obak Bono lagi besar.

9. Istana Siak Sri Indrapura

a photo by @cfaaqhorie via instagram
Bangunan yang merupakan Istana Sultan Siak pada tahun 1889 ini merupakan sebuah bangunan bersejarah yang kental dengan nuansa melayu, arab dan eropa. 

Terletak di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kabupaten Siak, Riau. Tak begitu jauh dari kota Pekanbaru. Hanya berjarak sekitar 97 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih. 

Memasuki gerbang istana, Anda akan melihat bangunan megah yang sayang jika tak diabadikan momen dengan latar belakang yang begitu cantik. Memasuki ke dalam ruangan, Anda akan melihat koleksi-koleksi unik dan mewah yang dimiliki istana siak.

Tempat ini layak jadi tujuan wisata Anda ketika berada di Pekanbaru. Hanya dengan Rp3.000,- Anda dapat memasuki bangunan indah nan bersejarah ini.

10. Masjid Agung An Nur Pekanbaru


a photo by @endilasak via instagram
Masjid yang terletak Jl. Syehk Burhanuddin, Kota Pekanbaru, Riau ini adalah salah satu masjid terbesar di Sumatera yang memiliki arsitertur indah dan megah. Perpaduan arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India serta kemegahannya membuat masjid ini sering disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya propinsi Riau.


http:almasjidy.blogspot.co.id
Masjid An Nur memiliki kapsitas sekitar 5.000 jamaah dengan luas 2500 meter persegi. Keindahan masjid ini benar-benar memukau dan membuat Anda nyaman beribadah di tempat ini.

11. Museum Sang Nila Utama

sumber : riauberbagi.blogspot.co.id
Museum Sang Nila Utama adalah objek wisata sejarah yang tak boleh Anda lewatkan ketika berada di Pekanbaru. Museum ini terletak di l. Jenderal Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Sama seperti museum yang ada di Indonesia lainnya, museum ini menyimpan benda-benda bernilai sejarah tinggi seperti benda jenis Geologika/geografika (koleksi yang berhubungan dengan geologi dan geografi), biologika (koleksi yang berhubungan dengan biologi), etnografika (koleksi yang berhubungan dengan suku bangsa), arkeologi (koleksi yang berhubungan dengan kepurbakalaan), historika (koleksi yang berhubungan dengan sejarah), numismatika dan heraldika (koleksi yang berhubungan dengan mata uang, stempel, dan tanda jasa), filologika (koleksi yang berhubungan dengan naskah kuno), keramologika (koleksi yang berhubungan dengan gerabah dan keramik), senirupa (koleksi yang berhubungan dengan seni lukis, seni kerajinan, dan seni patung), teknologika/modern (koleksi yang berhubungan dengan teknologi dan rekayasa).

Museum ini buka pukul 08.00 sd 16.00 wib dengan tiket masuk sebesar Rp5.000,-. Di tempat ini pengetahuan Anda tentang sejarah Riau dan kebudayaan Melayu akan bertambah dengan benda koleksinya yang luar biasa.

12. Anjungan Seni Idrus Tintin


sumber : riauberbagi.blogspot.co.id
Anjungan Seni Idrus Tintin akan membuat Anda terkesimah melihat arsitekturnya yang begitu elegan. Bangunan cantik ini terletak di alan Jendral Sudirman, Tangkerang Selatan, Bukit Raya, Pekanbaru, Kota Pekanbaru.

Tempat ini merupakan tempat berkumpul warga pekanbaru yang ingin bersantai di waktu sore. Bangunan indah ini sangat layak Anda kunjungi dan menjadi latar foto Anda selanjutnya di Pekanbaru.

13. Masjid Senapelan Pekanbaru

sumber : klikhotel.com
Masjid Agung Senapelan merupakan objek wisata sejarah dan religi yang memiliki nilai arsitektur tinggi. Mesjid tertua di Pekanbaru ini merupakan saksi sejarah berkuasanya kerajaan Siak di Kota ini. 

Sesuai dengan namanya masjid ini terletak di JL. Senapelan, Kota Pekanbaru. Berkunjung ke masjid yang berasitektur unik ini merupakan salah satu pilihan perjalanan wisata Anda di Pekanbaru.

14. Dekranasda Riau


sumber : lancangkuning.com
Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia dengan pertumbuhan industri kreatif yang amat tinggi. Nah, salah satu tempat belanja yang pas bagi Anda jika di Pekanbaru adalah Dekranasda Riau yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja No.140.

Beragam barang kerajinan dengan sentuhan khasanah daerah Riau dapat Anda jadikan cinderamata sebagai oleh-oleh untuk orang-orang terkasih Anda. Bagi Anda pencinta batik, membeli batik tabir adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan di tempat ini. Batif dengan motif yang indah dan membuat penampilan Anda lebih elegan.

15. Air Terjun Guruh Gemurai


sumber :gosmatra.com
Air terjun Guruh Gemurai merupakan air terjun yang terletak di Pulau Deras, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik Lubuk Jambi, Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Berjarak sekitar 202 kilometer dari Kota Pekanbaru dengan waktu tempuh sekitar 4 jam setengah. 

Sama dengan air terjun lainnya di Indonesia, untuk menuju lokasi air terjun ini Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu. Berjalan kaki melewati perkebunan karet warga dan hutan sejauh 2 kilometer. 

Air terjun dengan ketinggian 20 meter ini sangat indah dikelilingi hutan lebat nan sejuk. Tersedia kolam pemandian alami di bawah air terjun ini yang menambah keeksotisannya. Hanya dengan Rp3.000,- Anda sudah dapat menikmati air terjun ini.

16. Air Terjun Aek Martua


a photo by @ezzy_wulandari via instagram
Air Terjun Aek Mertua ini merupakan salah satu air terjun unik yang ada di Riau. Air terjun bertingkat-tingkat dengan panorama yang tak kalah cantik dengan air terjun lainnya di Indonesia.

Air terjun yang kerap disebut air terjun tangga seribu ini terletak di Bangun Purba Timur Jaya, Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu. Berjarak sekitar 188 kilometer dari kota pekanbaru melewati jalan lintas Pepatahan-Garuda Sakti dengan waktu tempuh sekitar 4 jam setengah. Untuk ongkos ke tempat ini berkisar Rp50.000,- sd Rp90.000,- tergantung  kendaraan apa yang Anda naiki.

Setelah ke desa Bangun Purba Anda harus berjalan melewati hutan dan perkebunan warga sejauh 6,5 kilometer. Kondisi jalan 3,5 kilometer pertama yang Anda lalui cukup baik sudah ada jalan setapak dan jembatan gantung. Namun setelah itu Anda harus berjalan melewati hutan lindung sejauh 3 kilometer.

Perjuangan sulit akan terbayar dengan keindahan air terjun ini. Dengan ketinggian air terjun ini bervariasi mulai dari 15-30 meter dengan panorama yang begitu indah. Tebing-tebing dan kolam pemandian membuat air terjun yang cantik ini membuat siapa saja terpanah akan keindahannya.

17. Taman Ria Putri Kaca Mayang


sumber : liandamarta.com
Taman Ria Putri Kaca Mayang merupakan taman rekreasi keluarga dengan berbagai wahana permainan anak yang sangat menarik. Taman ini merupakan salah satu objek wisata yang legend di Pekanbaru. Siapa pun yang pernah melewati masa kecil di Pekanbaru akan merasakan kepopuleran taman ini dulunya.

Taman Ria Putri Kaca Mayang terletak di di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru tepatnya berada didepan Kantor Walikota Kota Pekanbaru. 

Berbagai wahana permainan anak ada di tempat ini seperti kolam renang, komedi putar, bombom car dan masih banyak lagi permainan lainnya yang tentunya menyenangkan dan mengasyikkan. Tentunya Anda dan keluarga akan merasakan bahagia apabila berada di tempat ini.

18. Wisata Desa Okura


sumber :pekanbaru.co
Desa Wisata Dakwah Okura merupakan desa yang sangat indah dan asri. Objek wisata ini memadukan unsur-unsur sunah di dalamnya seperti latihan berkuda dan aktivitas lainnya yang berbau islami.

Wisata Dakwah Okura atau WDO terletak di Desa Wisata Okura, tepatnya di Jalan Raya Panjang, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru. Di tempat ini berbagai aktivitas wisata menarik dapat Anda lakukan seperti bersampan, berkuda, memanah, berenang, motocross, downhill, airsoft, memancing, paint ball, bersepeda, outbond, camping hingga menikmati wisata budaya yang mengasyikan.

Spot favorit di tempat ini adalah bermain atau latihan berkuda. Dengan paket wisata Joy Raide Rp30.000 per 30 menit, Anda sudah dapat menunggani kuda keliling desa wisata ini. Jika Anda butuh instruktur untuk latihan berkuda maka Anda cukup merogoh kocek Rp150.000,- per jam.

Selain itu di Desa Wisata Okura ini Anda dapat mengikuti latihan memanah dengan biaya Rp50.000,- per pertemuan. Menikmati desa Wisata yang buka mulai pukul 07.00 pagi ini akan memberikan kesan yang mendalam dan tak terlupakan bagi Anda.

19. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim II

sumber :tempatwisatanasional.blogspot.com
Taman Hutan yang merupakan kawasan konservasi alam ini merupakan tempat selanjutnya yang menarik Anda kunjungi. Kekayaan flora dan faunanya sangat beragam dan menjadi daya tarik tersendiri. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim terletak di Kecamatan Minas Kabupaten Siak, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dan Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.


20. Air Terjun Batang Kapas


a photo by @mardian_umar via instagram
Air terjun Batang Kapas layak Anda kunjungi jika Anda pencinta wisata alam sejati. Air terjun yang memiliki tinggi 150 meter ini benar-benar menawarkan keindahan dan artinya perjuangan. 

Air terjun ini berlokasi di desa Lubuk Bigau, kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Berjarak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru degan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah. 

Untuk mencapai lokasi air terjun ini memang begitu perjuangan yang ekstra. Namun ketika Anda sampai ke lokasi air terjun ini Anda akan melihat sebuah keajaiban alam yang tak terlupakan.


21. Berwisata Kuliner di RM Baung

Salah satu tempat wisata kuliner dengan makanan khas riau yang enak-enak a di RM Baung yang terletak di jalan Sekolah ujung kecamatan Rumbai, Kota Pekabaru ini.
sumber :kerajaanpelalawan.blogspot.co.id
Sesuai dengan namanya, menu favorit di tempat ini adalah gulai kepala ikan baung yang super enak. Selain itu tersedia menu khas lainnya yang dapat hasrat wisata kuliner Anda tersalurkan. Makan di tempat ini terbilang murah, hanya dengan Rp25.000,- Anda dapat menikmati nasi putih + gulai baung + kerupuk kulit (jangek) + es teh manis. 

22. Berbelanja di Pasar Bawah Pekanbaru


sumber : disparekraf.riau.go.id
Pasar Bawah bisa dikatakan sebgai surga belanja bagi ibu-ibu dan bapak-bapak di Pekanbaru. Pasar ini merupakan tempat terbaik berburu barang impor seperti tas, sepatu, keramik dan barang lainnya yang dapat menjadi oleh-oleh khas Riau mulai dari Kacang Pukul, Bolu Kemojo, dan Batik Riau.

Rasanya tak lengkap jika Anda tidak mengunjungi pasar yang terletak di kp. Dalam, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau ini. 

23. Bersantai Sambil Menikmati Kopi di Kedai Kopi Kawasan Hang Tuah.
sumber :infomakan.com
Salah satu hal yang dapat nikmati di Kota Pekanbaru adalah kedai kopi di Jalan Hang Tuah. Di jalan ini berderet kedai kopi dengan rasa yang luar biasa. Ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin nongkrong di tengah hiruk pikuk kota di dampingi dengan kopi bercita rasa terbaik. 

Ada beberapa kedai kopi di jalan ini diantaranya kedai kopi kimteng, kedai kopi hang tuah, kedai kopi laris, Kedai Kopi Tos, Kedai Kopi Kok Tong dan Kedai kopi Tos serta kedai kopi lainnya. Bagi Anda pecinta kopi tempat ini wajib Anda kunjungi.

Baca juga .

Pekanbaru memiliki pesona keindahan tersendiri. Tempat-tempat di atas sangatlah menarik dan dapat menjadi pilihan wisata Anda dan keluarga di daerah yang memiliki budaya melayu ini. Tulisan ini semoga bisa bermanfaat bagi Anda ataupun wisatawan lainnya yang ingin berkunjung ke Pekanbaru.

10 komentar:

  1. Kren keren lokasi wisatanya om... coba cek kesini, lebih ditail lagi tentang lokasi wisata di siak:
    13 lokasi wisata terbaik di siak sri indrapura

    ReplyDelete
  2. Kalau desa wisata/tempat yang ada pertunjukan budaya melayu nya (seperti tari2an dan musik) ada nggak ya? Atau tempat kjta bisa melihat pembuatan kain tenun/songket dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pentas seni biasanya pada event2 kalo tenun cari aja di siak

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. nomor 17 taman ria putri kaca mayang sudah lama tidak ada lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas infonya soalnya udah lama ke sana dan dulu masih ada mas walau tidak terurus

      Delete
  5. Pulau Beting juga bagus pantainya, pasirnya amazing banget

    ReplyDelete
  6. Riau Fantasi wahananya lengkap banget. Prosotannya asyik min.

    ReplyDelete
  7. Bagi anda yang membutuhkan jasa transportasi,bisa menghubungi kami BUDIMAN TRANSPORT Pekanbaru dgn CP. Budiman no hp/wa 0852 2622 4969 Wassalam

    ReplyDelete