Wednesday, 7 December 2016

06:14:00
Wisata Purwakarta - Purwakarta, sebuah wilayah di Propinsi Jawa Barat ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin mengisi waktu libur. Kabupaten ini memiliki alam yang indah, budaya yang unik, sejarah, tempat rekreasi dan makanan khas serta oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang.

Kabupaten yang berjarak sekitar ±80 km sebelah timur Jakarta ini merupakan daerah indah yang layak Anda jadikan tujuan wisata Anda. Dari kota Bandung Purwakarta sangat dekat, hanya berjarak sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam. 

Berikut ini Bang Mamad akan mengajak Anda mengunjungi tempat-tempat wisata menarik yang ada di Purwakarta. Berikut ulasannya !

1. Desa Wisata Sajuta Batu

a photo by @mulia.prabowo via instagram
Mengunjungi desa Sajuta Batu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu libur Anda di Purwakarta. Di setiap sudut desa ini banyak hal yang dapat Anda lakukan diantaranya melaakukan rock climbing di gunung parang, mengeksplor keindahan Gunung Bangkok dan salasih, melihat keunikan situs telapak kaki jongrang kalapitung, dan aktivitas wisata yang menarik lainnya. Selain itu, beragam kuliner dan tempat-tempat dengan latar yang indah yang dapat menjadi latar belakang foto Anda.

2. Taman Air Mancur Sribaduga

sumber : sentralone.com
Taman air mancur Sribaduga adalah salah satu taman air yang palig besar di Asia Tenggara. Air mancur yang terletak di Jalan Lodaya Kampung Baru No.46, Keluarahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini memiliki pesona yang amat menarik dan indah. 

Objek wisata yang dibangun semenjak tahun 2013 ini, merupakan objek wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Purwakarta ini disebut-sebut sama indahnya dengan Wings Of Time di Singapura. 

Pertunjukkan air mancur ini, dibuka dua kali dalam seminggu yaitu pada malam sabtu dan malam minggu pada pukul 19.00 dan 21.00. Siraman cahaya laser berpadu cantik dengan air mancur yang menari-menari serta musik yang syahdu membuat suasana malam Anda terasa begitu romantis. 

3. Jatiluhur Water World

sumber :wisatajatiluhur.blogspot.com
Tempat selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Jatiluhur Water World yang terletak di Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat. Tempat bermain air dengan konsep modern tradisional ini memiliki berbagai wahana menarik dan pemandangan alam yang sangat indah. 

Untuk memasuki objek wisata ini Anda akan dikenakan tarif Rp27.500 untuk hari biasa, Rp30.000 untuk weekend dan Rp40.000 untuk libur nasional. Tempat ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengisi waktu libur Anda dan keluarga di Purwakarta.

4. Objek Wisata Giri Tirta Kahuripan

sumber : wisatajabar.com
Jika ke Purwakarta tak usah bingung mencari tempat menginap. Giri Tirta Kahuripan merupakan tempat yang tepat untuk menikmati sajian wisata hamparan pemandangan indah dan menakjubkan. Objek wisata ini terletak di desa Taringguh Tonggoh kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. 

Objek wisata ini berjarak 78,2 kilometer dari pusat kota Bandung melalui Tol Purbaleunyi dengan waktu tempuh sekitar satu jam setengah. Sesampai di resort yang berada di ketinggian ini Anda akan tak sabar untuk menceburkan diri Anda ke kolam renang. Sebuah sky pool yang dirancang khusus ini merupakan tempat yang tepat untuk berfoto dengan latar belakang awan yang memutih dan bebukitan yang menghijau. Benar-benar menakjubkan.

a photo by @sepian_rianto44 via instagram
Adapaun fasilitas yang tersedia di tempat ini adalah villa, cottage, wooden house, kolam renang, restaurant, ruang rapat dan aneka permainan yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga. Untuk memasuki area ini Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp10.000, kemudian untuk masuk dikenakan biaya Rp25.000 perorang, dan untuk berenang Anda harus membayar Rp60.000,-. Tempat yang satu ini tentunya sangat direkomendasikan bagi Anda dan akan memberikan kesan serta pengalaman yang tak terlupakan.

5. Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur 

sumber : hada28.wordpress.com
Ini adalah dua waduk yang menjadi rekor di Indonesia. Bagaimana tidak, dua waduk ini adalah waduk terbesar sedangkan waduk cirata adalah waduk tertinggi di Indonesia. Kedua waduk ini memiliki pemandangan yang begitu indah dikelilingi bebukitan yang menghijau mengelilinya. Bebukitan di sekitar waduk ini menawarkan view yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto Anda.

6. Badega Gunung Parang 

A photo @badegaparang via instagram
Objek wisata ini terletak di beberapa desa yang berada di sekitar gunung parang. Desa-desa yang indah dengan pemandangan alam dan budaya luar biasa. Desa tersebut yaitu desa Cirangkong, Pasanggrahan, Tegalwaru kecamatan Bojong Purwakarta Jawa Barat. 

Berjarak 35 kilometer dari ibukota Purwakarta, desa wisata ini menawarkan keindahan alam dan aktivitas wisata menarik seperti mendaki gunung Paarang, fun climbing, jelajah desa kampung dan pelatihan budaya. Selain itu Anda juga dapat menjelajahi hutan gunung parang yang sejuk serta berkemah di sana. Keindahan tempat ini akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

7. Situ Wanayasa

a photo by @bayainggas via instagram
Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah mengunjungi situ atau danau Wanayasa. Situ ini terletak di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, ±23 km sebelah Tenggara kota Purwakarta.di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, ±23 km sebelah Tenggara kota Purwakarta. 

Daerah yang amat sejuk ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Di sekitar danau terdapat tempat-tempat makan yang dapat menggoyang lidah Anda. Ketenangan dan kesejukan danau membuat suasana tersa begitu syahdu dan romantis bagi Anda.

8. Sumber Air Panas Ciracas 

sumber :bisnisbandung.com
Jika Anda ingin menikmati suasana berbeda di Purwakarta, Sumber Air Panas Ciracas dapat Anda jadikan sebagai tujuan wisata Anda selanjutnya. Sumber air panas ini terletak di Desa Ciracas Kecamatan Kiara Pedes berjarak ±8 km dari Situ Wanayasa atau sekitar 45 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Mandi di hot spring dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

9. Desa Wisata Lembur Kahuripan Bojong 

sumber : wisatajabar.com
Dengan konsep ekoturisme dan kearifan lokal, desa wisata ini dapat menjadi tujuan utama berlibur Anda dan keluarga. Terletak di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat berjarak ekitar 35 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Di kampung ini Anda dapat menikmati fasilitas homestay yang berjejer rapi dengan suasana yang amat tradisional. 

Banyak hal yang dapat Anda nikmati di kampung ini diantaranya tradisi Tetunggulan, menangkap ikan di empang, pelatihan membuat kerajinan tangan dari barang bekas, hingga tracking menelusuri tempat-tempat dengan pemandangan bagus untuk berfoto-ria. Hal tersebut bisa Anda dinikmati pengunjung tanpa harus menguras kocek yang besar.

10. Wisata Via Ferrata 

A photo @badegaparang via instagram
Nah salah satu aktivitas wisata yang agak ekstrim dapat Anda nikmati di Purwakarta. Gunung parang menawarkan jalur pendakian yang menggunakan kabel/kawat baja yang membentang di sepanjang rute dan secara berkala yang menempel tetap pada batu. Dengan tebing yang curam, Anda dapat menguji adrenalin dengan panjat tebing tersebut. Untuk menikmati wisata tersebut, Anda dapat menyewa guide dan ikut bersama rombongan  dengan biaya sekitar Rp450.000,-.

11. Wisata Kampung Monyet

Objek wisata ini terletak di Desa Jatimekar Jatiuhur Kabupaten Purwakarta. Di desa ini Anda monyet liar yang berasal dari hutan di kawasan perbukitan Jatiluhur dan Sukasari seperti monkey forest yang ada di Bali. Keindahan alam yang tersaji berpadu dengan kearifan lokal masyarakat sekitar membuat kampung ini terlihat begitu unik. Gerombolan monyet-monyet yang hadir di tengah perkampungan membuat siapa saja yang berada di desa ini merasa bahagia. 

12. Air Terjun Curug Cipurut

sumber : zonalibur.com
Salah satu icon wisata yang pertama wajib Anda kunjungi adalah air terjun Curug Cipurut. Air terjun ini benar-benar mempesona. Curug Cipurut terletak di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Berjarak sekitar 125 kilometer dari Jakarta dan 66 kilometer dari kota Bandung. 

Untuk memasuki lokasi air terjun ini, sesampai di gerbang Anda harus berjalan kaki melewati kebun teh dengan jalan setapak yang cukup sempit sejauh 500 meter. 

Setelah itu Anda harus membayar tiket sebesar Rp3.000,- untuk tiket masuk dan Rp1.000 untuk biaya parkir. Pemandangan alam yang sangat indah menjadi daya pikat yang membuat air terjun ini bagai magnet bagi wisatawan. 


Fasilitas dan akomodasi di tempat ini sama seperti rata-rata objek wisata air terjun di Indonesia. Curug Cipurut yang berada di kaki Gunung Burangrang ini hanya memiliki sekitar 7 kendaraan roda empat, jalan setapak, shelter dan trail yang terbuat dari kayu yang dapat mempermudah pengunjung mencapai lokasi air terjun ini.

Dan hal terpenting adalah Anda harus menyiapkan bekal makanan karena di tempat ini hanya ada penjual makanan ketika musim libur tiba.

13. Sentra Industri Keramik Plered

sumber : kerajinan.id
Sentra industri yang terletak di Jl. Raya Plered,Purwakarta, Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini dapat menjadi tujuan wisata selanjutnya bagi Anda yang gemar berbelanja.Di tempat ini Anda bisa memilih keramik-keramik yang amat menarik untuk Anda beli. Selain itu Anda juga bisa melihat proses pembuatan keramik-keramik tersebut. Berwisata ke tempat ini, selain dapat memenuhi hasrat belanja Anda, tempat ini juga dapat memberikan edukasi mengenai cara pembuatan keramik. 

14. Gua Jepang Purwakarta

sumber : bandung.panduanwisata.id
Tak hanya di Bukittinggi, di Purwakarta tepatnya di Desa Pusakamulya Kiarapedes atau 28 Km dari kota Purwakarta juga terdapat gua jepang. Objek wisata sejarah ini, menyuguhkan pemandangan alam yang sangat asri. Perjalanan menuju gua ini sangat menarik dimana Anda harus melewati jalan setapak yang dikelilingi pohonan pinus. Sesampai di Gua ini Anda akan meliht gua yang indah dengan latar sejarah yang luar biasa. 

15. Menikmati Kuliner Sate Maranggi

sumber : food.detik.com
Salah satu hal yang wajib jika berkunjung ke suatu daerah, hal yang tak boleh dilewatkan adalah mencicipi wisata kuliner khas daerah tersebut.  Sate Maranggi adalah menu wajib jika Anda berkunjung ke kota sejuta Taman ini. Lokasi sate enak ini berada di Jalan Raya Bungursari, Bungursari, Cibungur, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Sate yang merupakan makanan yang khas dan enak ini merupakan asimilasi dari perpaduan citarasa Tionghoa dan Islam. 

Bagaimana ? tertarik untuk berkunjung ke Purwakarta. Itulah 15 objek wisata yang dapat Anda kunjungi di daerah yang memiliki ibukota yang berjuluk kota sejuta taman ini. Pengalaman berharga dan kesan mendalam akan Anda rasakan ketika Anda dapat mengunjungi tempat-tempat nan indah tersebut.
Baca juga 

0 komentar:

Post a Comment