Saturday, 8 April 2017

23:29:00
Wisata Sumedang - Keindahan alam daerah Jawa Barat memang tak pernah ada habisnya untuk dikunjungi. Setiap daerah kabupaten dan kota di propinsi ini memiliki tempat-tempat indah yang sangat cocok menjadi daerah tujuan wisata Anda.

Pesona keindahan alam tersebut berpadu indah dengan keunikan budaya serta kearifan lokal yang dimilikinya. Citarasa kuliner yang dimiliki oleh daerah-daerah di Jawa Barat juga memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri yang membuatnya terasa berbeda.

Salah satu kabupaten yang memiliki citarasa kuliner dan keindahan alam yang luar biasa adalah Kabupaten Sumedang. Kabupaten yang memiliki 26 kecamatan ini memiliki tempat indah yang tak dimiliki oleh daerah lainnya di Jawa Barat.

Kabupaten yang beribu kota dengan nama sama yaitu Kota Sumedang ini berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Bandung. Bekas wilayah kerajaan Galuh ini memiliki tempat-tempat indah dan menarik untuk Anda kunjungi.

Apa saja tempat-tempat indah tersebut. Berikut Bang Mamad pilihkan 20 tempat wisata di Sumedang yang lagi hits saat ini. Berikut ulasannya.

1. Gunung Batu Jatinunggal


sumber : @inimahsumedang via Instagram
Jejak awal yang akan Anda tapaki adalah mendaki sebuah keindahan Gunung Batu Tanjungsari. Gunung Batu Tanjungsari merupakan sebuah gunung berapi yang tidak aktif. Gunung Batu Tanjungsari merupakan salah satu Gunung Api yang memiliki karakter yang amat cadas. 

Jadi untuk melakukan pendakian ke gunung ini memerlukan perjuangan yang tak mudah. Walau begitu pesona keindahan alam yang ditawarkan dari atas Gunung ini menjadi magnet yang tak habis-habisnya untuk dinikmati oleh wisatawan.

Gunung ini memiliki pesona dan keindahan yang amat luar biasa. Sayup-sayup menembus kabut di pagi hari akan menjadi aktivitas melelahkan tetapi amat mengasyikkan. 

Gunung Batu Tanjungsari Sumedang terletak di desa Rancabawang kecamatan Tanjungsari kabupaten Sumedang. Tak mahal untuk mendaki gunung indah ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar parkir di desa saja. 

Kondisi track yang menantang dan melelahkan terbayar lunas ketika Anda sampai di puncak ini. Untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung ini persiapan fisik dan bekal harus matang Anda lakukan agar perjalanan Anda menjadi salah hal yang tak akan pernah dilupakan.

2. Curug Cibayawak Desa Jembarwangi Tomo Sumedang


sumber : @tensu_sugiyonohungkul via Instagram
Air terjun merupakan salah satu tempat favorit bagi para pecinta keindahan alam. Tak heran objek wisata yang satu ini senantiasa memiliki magnet tersendiri bagi para pengunjungnya. Perjuangan nan melelahkan tak mengapa asalkan dapat menikmati pesona keindahannya.

Sumedang juga memiliki banyak curug atau air terjun yang tak kalah mempesona. Kontur dan keindahannya pun terbilang berbeda dengan air terjun yang ada di daerah lainnya. Meskipun objek wisata ini sangat banyak di Indonesia, kesan yang ditimbulkan masing-masing air terjun pastinya berbeda-beda.

Salah satu air terjun yang wajib Anda kunjungi di Sumedang adalah Curug Cibiyawak. Curug Cibiyawak terletak di Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo kabupaten Sumedang. Keindahan alam air terjun yang tak terlalu tinggi ini membuat susana hati menjadi tentram.

Pepohonan yang mengelilingi air terjun ini ditambah sejuknya air terjun di kolam alami membuat suasana terasa begitu relaks. Meskipun tak ada fasilitas di tempat ini, suasana yang ditawarkannya saja sudah cukum membuat liburan Anda menjadi menarik.

Untuk memasuki air terjun ini Anda tak dikenakan biaya masuk, hanya saja Anda harus membayar biaya parkir kendaraan di desa. Untuk menuju air terjun ini Anda perlu melakukan persiapan fisik.

Walaupun tak begitu jauh, Anda juga diharuskan berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun ini. Siapkanlah pakaian ganti karena tak mungkin berada di tempat ini Anda tak berenang.

3. Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang


sumber : @inimahsumedang via Instagram
Inilah salah satu tempat di Sumedang yang menawarkan pemandangan yang amat luar biasa. Dari tempat ini Anda bisa memandangi indahnya waduk Jatigede yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan.

Kawasan wisata alam yang dikembangkan dan dikelola oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang ini menyuguhkan pemandangan indah bendungan Jatigede di sebelah timurnya.

Lokasi wisata alam yang eksotis dan menawan Puncak Damar Jatigede berlokasi di kawasan ketinggian Puncak Damar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. Tepatnya di kawasan hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar.

Untuk mencapai Wana Wisata Puncak Damar Jatigede Anda dapat melewati jalan kawasan hutan dan jalan Desa Paku Alam - Situraja. Letaknya bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan empat. Lahan parkir yang cukup luas membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk Anda kunjungi.

Beragam fasilitas telah tersedia di tempat ini mulai dari lesehan di beberapa shelter sampai fasilitas lainnya seperti Gazebo, Camping Ground, Outbound dan tempat bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang tampak alami. Ada juga fasilitas yang harus tersedia yaitu toilet yang cukup bersih dan nyaman.

Bagi Anda yang ingin memasuki kawasan Wana Wisata Puncak Damar Jatigede harus membayar restribusi masuk sebesar Rp.4.000. Selain itu Anda juga akan dikenakan biaya tambahan yaitu Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp.2.000 untuk sepeda motor.

4. Kampung Genteng Sumedang


sumber : @mysumedang via Instagram
Salah satu hal menarik dari perjalanan wisata adalah menyelami kehidupan masyarakat yang cukup menarik. Nah, salah satu tempat yang memiliki pesona alam dan kearifan lokal di Sumedang adalah Kampung Genteng.

Keindahan alam berupa daerah pegunungan berpadu indah dengan kearifan lokal yang begitu luhur. Alam yang sejuk dapat Anda nikmati di kampung Genteng ini. Kampung Genteng adalah sebutan untuk sebuah desa Genteng yang berada di kecamatan Sukasari Sumedang.

5. Curug Cinulang Kabupaten Sumedang


sumber : @arie_rahmt via Instagram
Salah satu air terjun yang memiliki pesona yang cukup indah dan mempesona adalah Curug Cinulang. Curug ini memiliki nama lain yaitu Curug Sindulang. Keindahan alam curug ini menawarkan sebuah pemandangan alam yang luar biasa.

Keindahan Curug Cinulang benar-benar menyejukkan mata Anda. Curug yang berada di perbatasan kabupaten Sumedang dengan Bandung Timur ini merupakan salah satu air terjun yang cukup mudah di akses. Letaknya berada di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung kabupaten Sumedang.

Berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat kota Bandung melewati Jalan Nanggeleng - Cirahayu. Untuk sampai ke lokasi air terjun ini Anda tak perlu melakukan trekking yang jauh karena lokasinya berada tak jauh dari jalan desa. Hanya berjalan sekitar 100 meter dari lokasi kendaraan di parkir Anda akan menemukan sebuah keindahan yang luar biasa.

Untuk memasuki curug ini Anda akan dikenakan biaya masuk Rp5.000,- dan biaya parkir Rp5.000,-. Keindahan alam di lokasi Curug ini benar-benar akan memanjakan mata Anda. Di tempat ini Anda dapat berenang serta menikmati keindahan alam yang begitu mempesona.

6. Bendungan Jatigede Sumedang


sumber : @handiyanadani2 via Instagram
Selain menikmati dari ketinggian, Anda juga dapat menikmati langsung bendungan Jatigede. Sebuah bendungan yang tak kalah menyejukkan mata. Bendungan Jategede mengeliri air ke waduk Jatigede yang merupakan waduk buatan terbesar kedua di Indonesia.

Tahap demi tahap yang dilakukan pemerintah untuk membuat waduk Jatigede berbuah hasil dengan sebuah potret keindahan yang sangat cocok dijadikan tempat wisata. Waduk dan Bendungan Jatigede dibangun bertujuan sebagai salah satu pusat pengairan untuk 90.000 hektar lahan pertanian produktif di Cirebon, Indramayu dan Majalengka.

Selain itu, tujuan lainnya adalah digunakan sebagai PLTA, sumber air bersih dan peredam terjadinya banjir di Jawa Barat. Tak disangka waduk ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang hits di Sumedang.

Mungkin karena panorama yang ditawarkannya begitu indah, tak kalah indahnya dengan waduk Semar di Kulonprogo. Spot foto terbaik adalah ketika Anda berdiri di atas bendungan yang mengaliri air ke Waduk Jatigede.

Latar belakang begitu indah tersaji di foto Anda. Bendungan Jatigede terletak di Desa Cijeungjing, kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Untuk memasuki kawasan wisata alam yang dikelilingi bukit indah ini nan hijau ini Anda tak dikenakan biaya apapun.

Angin sepoi-sepoi menjadikan tempat ini sangat cocok sebagai sarana rekreasi Anda. Bagi Anda yang hobi memancing maka tempat ini juga cocok bangi Anda para mancing Mania.

7. Situ Biru Cilembang Sumedang


sumber : @exploresumedang via Instagram
Kalau Majalengka mempunyai Telaga Nilem nan begitu indah maka Sumedang juga tak kalah. Situ Biru Cilembang Buahdua Sumedang adalah salah satu tempat yang indah dengan pesona begitu luar biasa.

Belakangan, tempat ini menjadi salah satu tempat yang sedang hits menghiasi sosial media. Banyak nama yang disebutkan pengunjung untuk tempat ini diantaranya Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang dan Labuan Cermin Cilembang Sumedang.

Situ Biru Cilembang ini terletak di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat. Untuk saat ini pengelolaan situ ini berada pada pemuda karang taruna setempat.

Berdasarkan pengalaman untuk memasuki Situ ini Anda dikenakan biaya Rp5.000,- dan ditambah dengan biaya parkir yaitu Rp2.000,- untuk sepeda motor serta Rp5.000,- untuk kendaraan roda empat. Meski tak begitu luas, keasrian alam desa ditambah dengan pepohonan yang mengelilinginya membuat tempat ini terlihat begitu indah.

Apalagi air jernih bak kaca berpadu indah dengan bebatuan besar yang mengelilinginya. Terlihat begitu indah dan layak menjadi latar foto karena tempat ini begitu instagramable.

Untuk fasilitas Anda juga tak perlu khawatir, di tempat ini telah tersedia banyak fasilitas wisata seperti toilet sebagai tempat membilas badan dan ganti pakaian, penjual makanan, parkir dan fasilitas lainnya yang dapat membuat Anda nyaman tentunya.

8. Curug Cigorobog Citengah Sumedang


sumber : @sumedang_banget via Instagram
Tempat indah selanjutnya adalah air terjun tiga tingkat yang bernama Curug Cigorobog. Keindahan alam dan kemudahan akses membuat air terjun ini senantiasa ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah.

Dikelilingi hutan nan hijau lebat dan perkebunan warga, suasana di sekitar Curug Cigorobog begitu sejuk. Hal menarik di tempat ini adalah Anda dapat menikmati air yang segar dengan langsung mandi di bawah percikan air terjun langsung.

Eksotika alam yang menyajikan sesuatu yang begitu luar biasa. Curug Cigorobog ini terletak di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Keindahan Curug ini benar-benar layak Anda jadikan sebagai tujuan wisata Anda selanjutnya. Apalagi untuk memasuki air terjun ini Anda tak dikenakan biaya apapun.

Nah, menurut Bang Mamad curug ini adalah salah satu curug indah yang ada di Sumedang. Tempat yang menarik untuk dijadikan latar foto dan berbasah-basahan. Untuk fasilitas memang masih minim bahkan bisa dibilang belum ada.

Namun, pesona keindahannya membuat Anda tak menyesal telah datang ke Curug Cigorobog ini.

9. Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor Sumedang


sumber : ridwanderful.com
Tempat ini sangat instagramable dan sangat cocok bagi Anda yang gemar fotografi. Dari Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor Sumedang Anda dapat mengambil berbagai enggel keindahan alam yang amat menakjubkan.

Berdiri kokoh ditengah hijaunya alam, jembatan Cincin Cikuda ini merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Jembatan yang dibuat dengan kerja paksa yang dilakukan kepada rakyat Indonesia ini merupakan salah satu sarana pengangkutan berbagai rempah dan hasil alam Indonesia lainnya pada masa penjajahan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini, letaknya berada di Jalan Cikuda Nanggerang No.14, Desa Hegarmanah, kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Sumedang. Tempat bersejarah ini layak Anda jadikan persinggahan di Sumedang.

10. Kebun Teh Margawindu 



sumber : sumedangtandang.com
Salah satu kegiatan rekreasi yang asik adalah berwisata di tengah kebun teh yang terhampar luas. Tak kalah dengan daerah lainnya, Sumedang juga memiliki kebun teh yang tak kalah mempesona. Kebun teh Margawindu namanya, terletak di kawasan perbukitan Desa Citengah, kecamatan Sumedang Selatan.

Dari tempat ini Anda dapat menikmati suasana alam yang amat sejuk. Bukit dan gunung yang mengelilingi kebun teh ini menambah keeksotisan tempat ini. Jaraknya yang begitu dekat yaitu hanya berjarak sekitar 11 kilometer dari kota Sumedang membuatnya senantiasa selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Wonderful, mungkin itulah kata yang dapat menggambarkan keindahan alam di sekitar perkebunan teh ini. Walau fasilitas tersedia minim dan akses jalan cukup sempit serta belum ada kelola yang jelas, kebun teh ini tetap sangat layak untuk Anda kunjungi.



11. Mendaki Gunung Tampomas 


sumber : @exploresumedang via Instagram
Bagi para pecinta alam aktivitas mendaki gunung adalah salah satu hal yang paling berkesan dari perjalanan hidupnya. Jika Anda sedang di Sumedang ada sebuah gunung yang dapat menjadi pilihan aktivitas pendakian Anda yaitu Gunung Tampomas.

Gunung Tampomas ini terletak di dalam wilayah administratif lima kecamatan di Sumedang yaitu Buahdua, Conggeang, Paseh, Cimalaka dan Tanjungkerta. Posisinya sekitar 15 kilometer di sebelah utara kota Sumedang. Keindahan alam Gunung ini menyajikan hal yang amat indah dipandang mata.

Gunung Tampomas memiliki ketinggian 1.684 mdpl merupakan gunung dengan tipe Stratovolcano. Di kaki gunung ini terdapat sumber air panas dan panorama yang amat indah. Selain puncak Gunung, Anda juga menikmati alam pegunungan yang memiliki kawasan wisata berupa hutan seluas 1.250 hektar lebih.

Suasana alam pedesaan di sekitar gunung juga amat indah apalagi pesona kearifan lokal masyarakat sekitar juga tak kalah indahnya. Dari hutan wisata gunung Tampomas Anda dapat menemukan berbagai flora dan fauna yang begitu beragam.

Fauna di Gunung Tampomas seperti owa yang mukanya berwarna hitam, lutung, monyet, Meong Congkok, berbagai jenis ular dan burung serta jenis lainnya dapat Anda temui di tempat ini. Adapun tumbuhannya seperti Jamuju, Rasamala, dan Saninten serta fauna endemik Indonesia lainnya.

Tempat yang amat sejuk ini terasa begitu indah. Bagi Anda yang tak kuat mendaki berada di kaki gunung saja sudah cukup memberikan kesan yang tak terlupakan bagi Anda. Persiapkan diri Anda dengan matang jika ingin mendaki puncak Gunung Tampomas.

12. Menikmati Keindahan Kampung Toga 


sumber : @pranatasakti via Instagram
Kampung Toga merupakan salah satu kawasan wisata keluarga terlengkap di Sumedang. Perpaduan keindahan alam dan ragam fasilitas di tempat telah menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung tempat ini.

Toga sendiri merupakan singkatan dari Tanaman Obat Keluarga. Ya dulunya kawasan ini di konsep sebagai salah satu tempat menanami Toga di Sumedang. Namun, sekarang tempat ini telah di sulap menjadi salah satu kawasan wisata terpadu yang berkelas.

Beragam hal dapat Anda lakukan di tempat ini. Mulai dari sekedar bersantai di puncak kampung Toga sampai bermain gantole ataupun paralayang yang menguji adrenalin Anda. Untuk pemandangan, tak usah ditanya lagi!. 

Pemandangan alam di tempat ini sangat sempurna yang merupakan perpaduan indah antara alam yang hijau dengan suasana desa yang asri. Di kawasan wisata terpadu ini terdapat beragam fasilitas dan wahana yang dapat Anda nikmati.

Fasilitas tersebut antara lain permainan outbond, paralayang, gantole, paint ball, hi-roof dan beragam permainan lainnya. Selain itu di tempat ini tersedia kolam renang, restoran, villa serta sederet fasilitas lainnya yang akan membuat Anda nyaman berlama-lama di tempat ini.

Kawasan wisata ini terletak Jl. Kampung Toga KM. 25, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Tempat ini berada sangat dekat dari pusat kota Sumedang yaitu hanya berjarak sekitar 6 kilometer melewati jalan Bandung-Palimanan. 

Tempat indah ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berekreasi seru bersama keluarga ataupun pasangan Anda. Jika Anda berkunjung ke tempat ini siapkanlah budget yang cukup karena setiap fasilitas yang Anda nikmati memiliki harga tersendiri.

13. Mata Air Cikandung Nyalindung 


sumber : travelingyuk.com
Jika Anda ingin menikmati sejuknya air di pemandian alami dengan penorama alam yang menakjubkan. Tak ada salahnya Anda datang ke Mata Air Cikandung. Sebuah tempat pemandian yang berada di sebuah desa yang amat asri.

Danau mini yang mata airnya berasal dari Gunung Tampomas ini merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan suasana santai yang menyejukkan mata. Lokasi Pemandian ini berada di Desa Nyalingdung Kecamatan Cimalaka. Tempat ini hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Sumedang.

Keindahan alam wisata ini sangat terasa. Airnya yang jernih berpadu indah dengan bebatuan di sekelilingnya dan pepohonan yang begitu menghijau. Dan yang tak kalah indah di tempat ini Anda akan merasakan suasana ramah penduduk setempat. 

Untuk fasilitas pun terbilang cukuplah. Ada sebuah toilet yang dapat Anda jadikan ruang ganti. Sayangnya di tempat ini masih ada warga yang mencuci pakaian. Walau begitu tak mengurangi eksotika alam tempat ini. Nah, berkunjung ke pemandian ini akan memberikan sensasi yang berbeda bagi perjalanan wisata Anda tentunya.

14. Eco Green Park Kampung Karuhun 


sumber : @kampungkaruhun via Instagram
Satu hal yang tak bisa dilewatkan adalah menikmati Eco Green Park nya Sumedang yaitu Kampung Karuhun. Dari tempat ini Anda dapat memandangi indahnya alam yang berupa perbukitan, sawah, dan pepohonan rindang.

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp5.000,- Anda dapat menikmati indahnya alam di Kampung Karuhun. Lokasinya tak jauh dari Kebun Teh Margawindu dan Curug Cigorobog yaitu masih di Desa Citengah kecamatan Sumedang Selatan yang hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Sumedang.

Beragam wahana permainan dan hal menarik tersedia di tempat ini. Hal yang pertama Anda dapatkan adalah sebuah bibit pohon yang diberikan pengelola untuk di tanam di desa sebagai bentuk kecintaan kita kepada alam. Setelah itu Anda dapat mengelilingi desa dengan sepeda Gunung.

Sederet fasilitas lainnya juga tersedia di tempat ini. Fasilitas tersebut seperti sarana outbond, kolam renang, saung, restoran dengan menu khas Sunda, toilet, musholla dan sederet fasilitas adventure menarik lainnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati kampung nan indah ini dalam waktu cukup lama. Anda dapat berkemah di salah satu lokasi yang telah dikhususkan sebagai camping ground oleh pengelola. Selain itu fasilitas seperti meeting room, ATV adventure, footsal lumpur, saung budaya dan sederet fasilitas lainnya yang akan membuat liburan Anda nyaman.

Untuk setiap fasilitas permainan Anda akan dikenakan biaya tambahan. Kolam renang misalnya, Anda diharuskan membayar Rp10.000,- untuk dapat berenang di tempat ini. Keindahan kampung ini akan memberikan suasana tak terlupakan bagi Anda.

15. Surga Arung Jeram Pangcalikan 


sumber : WewengkonSumedang.com
Arung Jeram merupakan aktivitas wisata yang bisa dikatakan paling memacu adrenalin. Nah, di Sumedang Anda dapat berarung jeram di Sungai Cipeles yang memiliki kontur arus yang menantang.

Salah satunya adalah daerah aliran Sungai Cipeles yang terletak di Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Sungah ini tak kalah indahnya dengan Cukang Taneuh yang menjadi Green Canyon-nya Ciamis. 

Aliran sungai yang sempit dan bebatuan yang ada terlihat begitu indah ini memiliki arus cukup menantang. Di beberapa kawasan Pangcalikan, sungai tersebut diapit oleh dua tebing batu. Tebing batu tersebut menambah keeksotisan tempat ini.

Salah satu surga rafting di Jabar ini sayang untuk Anda lewatkan ketika Anda berkunjung ke Sumedang. Pesona keindahan Sungai ini tentunya akan memberikan pengalaman berharga bagi Anda. Sungai dengan air deras ini merupakan keindahan alam yang patut kita syukuri dan kita jaga keindahannya dengan tidak mengotorinya dengan sampah.

16. Curug Sabuk 


sumber : @chepybennington via Instagram
Curug Sabuk merupakan salah satu air terjun di Sumedang yang bisa dibilang sangat mempesona. Dengan ketinggian sekitar 70 meter dan keindahan alam yang tak biasa merupakan hal yang akan Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di lokasi air terjun ini.

Air terjun Sabuk terletak disekitar Taman Buru Gunung Masigit dan kawasan Gunung Kareumbi. Wilayahnya masuk ke wilayah administratif Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Tak mudah untuk menuju lokasi air terjun ini. Anda membutuhkan guide untuk membimbing perjalanan Anda melewati jalan setapak melewati hutan sepanjang 4 kilometer.  Sesampai di lokasi air terjun ini, rasa lelah Anda akan terbayar ketika Anda melihat sebuah keindahan alam yang begitu luar biasa. 

Pancuran air dan sejuknya udara di tempat ini benar-benar akan membuat perasaan Anda kagum. Pesona alam yang begitu alami berpadu indah dengan air yang jatuh dari ketinggian. Hal yang sulit dilukiskan dengan kata-kata.

17. Desa Wisata Alam Pangjugjugan


sumber : wisatapangjugjugan.com
Pepohonan pinus, cemara dan gemericik air mengalun menemani Anda bercengkrama di hari yang indah. Mungkin itulah kesan yang akan Anda rasakan ketika berkunjung ke Desa Wisata Alam Pangjugjugan.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Desa ini merupakan salah sat udaerah penghasil ubi madu dan penghasil susu sapi. Keindahan alam tempat ini berpadu indah dengan fasilitas yang disediakan pengelola.

Fasilitas tersebut antara lain playground, terapi ikan, batu refleksi, curug, lapangan futsal, kolam renang, lesehan, flying fox, becak mini, tunggang kuda dan paparahuan serta arena bermain anak. Selain itu Anda dapat menikmati kegiatan ekowisata seperti keliling kebun, melihat peternakan ungas, kelinci, kambing, sapi perah dan sapi potong.

Hanya dengan membayar Rp5.000,- untuk tiket masuk dan ditambah biaya parkir serta beberapa biaya tambahan untuk wahana tertentu Anda sudah dapat menikmati pengalaman wisata yang mungkint tak akan terlupakan bagi Anda.

18. Tempat Wisata Gunung Kunci

sumber : sumedangtandang.com
Selanjutnya kita akan melihat keindahan alam yaitu Gunung Kunci. Sebuah objek wisata alam yang memiliki cerita mistis di dalamnya. Sebenarnya Gunung Kunci bukanlah nama sebuah Gunung layaknya Bromo ataupun Merbabu. Akan tetapi Gunung Kunci adalah nama sebuah bukit yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Benteng Beton dibangun oleh pemerintah Belanda sebagai salah satu daerah pertahanan. Di Gunung Kunci terdapat lubang-lubang yang menjadi lorong yang memliki berbagai fungsi. Sampai saat ini Anda masih dapat menemukan bangunan kokoh benteng ini.

Di tempat ini Anda tak hanya disuguhkan bangunan bersejarah. Keindahan alam tempat ini menyajikan sebuah pemandangan yang tak biasa dan menyejukkan mata. Sangat cocok dijadikan tempat bersantai sembari menikmati alam.

19. Sumber Air Panas Sekarwangi


sumber : disparbud.jabarprov.go.id
Salah satu pemandian air panas yang dapat dikunjungi dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit adalah Cipanas Sekarwangi. Beragam fasilitas dapat Anda nikmati, mulai dari kolam renang hingga villa tempat menginap.

Pesona pemandian air panas ini sangat pantas untuk dikunjungi. Selain menikmati air panas, suasana alam di tempat ini dapat membuat Anda merasakan suasana santai ala desa. Kesejukan alam dan kearifan lokal membuat lokasi ini menjadi lebih menarik dikunjungi.

20. Menikmati Kuliner Sumedang


sumber : kompasiana.com
Sumedang sangat terkenal dengan tahu nya yang terkenal di seluruh Indonesia. Banyak kuliner lainnya yang dapat Anda nikmati di Sumedang.  Nah beberapa tempat ini dapat Anda jadikan sebagai tempat Anda berwisata kuliner atau membeli oleh-oleh. 

  • Tahu Palasari Sumedang yang terletak di Jl. Mayor Abdurahman No. 153, kecamatan Kotakaler, kabupaten Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.
  • Warung Sedhep yang terletak di Panday No.12, kelurahan Regol Wetan, kecamatan Sumedang Selatan.
  • Saung Tekho
  • Rumah makan Kartika
  • Kampung Tahu
Selain tempat di atas banyak tempat lainnya yang dapat Anda kunjungi di Sumedang. Kuliner Sumedang begitu kaya dan sangat cocok bagi Anda pecinta kuliner. Rasanya tak diragukan lagi dan harganya pun tidak mahal.

21. Bukit Nangorak



sumber : @nugraha_rz Moe via instagram

Nah, inilah salah satu tempat yang sangat instagramable dan lagi hits di Sumedang. Agrowisata Bukit Nangorak menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Bukit dengan view menakjubkan ini terletak di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

22. Gunung Kerenceng



sumber : @exploresumedang via instagram
Bagi Anda yang gemar pendakian, ada satu Gunung lagi yang sangat menarik untuk didaki. Gunung tersebut bernama gunung Kerenceng. Sebuah Gunung yang memiliki ketinggian 1.736 meter diatas permukaan air laut.

Pesona alam begitu terasa di puncak Gunung ini. Hamparan awan memutih berpadu indah dengan alam yang begitu hijau dari ketinggian. Gunung Kerenceng terletak di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sumedang Selatan, Kecamatan Cimanggung, dan Kecamatan Pamulihan.

Itulah 22 tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Sumedang. Pesona budaya, alam, kuliner dan kearifan lokal Sumedang merupakan hal yang sangat menarik untuk Anda rasakan. Masih banyak tempat indah lainnya yang dapat Anda kunjungi di Sumedang seperti panorama Jatinangor, curug Kencana, serta beberapa lokasi lain yang tak kalah indahnya.

Sumedang akan memberikan kesan indah bagi perjalanan wisata Anda. Semoga kelestarian alamnya senantiasa terjaga agar dapat dinikmati oleh penerus bangsa ini. Baca juga 15 Tempat Wisata di Indramayu Jawa Barat Paling Hits.

0 komentar:

Post a Comment